Kamis, 03 Juni 2010

Cara Membuat AC Sendiri Dirumah

Posted on 19.03 by Kiki


Hawa panas menyengat akhir belakangan ini. Cari-cari solusi untuk dapetin suasana dingin.
Tapi apa daya ga kuat beli AC ato daya Listrik kurang buat pasang AC.

Uups... setelah browsing sana-sini akhirnya nemu tutorial bikin AC sederhana.
Murah meriah, cuma perlu kreatifitas aja kok!

OK kita mulai deh...

Bahan-bahan :
Kipas angin rumah (Stand/Duduk) ukuran agak besar/seadanya.
Cooper Tubing/Pipa Tembaga ukuran 3/16" panjang terserah. (Beli di toko AC/Perlengkapan AC, Tukang Service AC) 8rb - 13rb/Meter
Cable Ties secukupnya
Pompa akuarium kecil (Beli di toko akuarium) 45-65rb/pcs
Pipa plastik 3/16" Beli di toko bangunan. Harga -
Tandon air (Termos Es) Bisa pake stereofoam bekas tempat ikan.

ESTIMASI PENGELUARAN
Rp. 100.000,-

Harga ga termasuk Kipas Angin, peralatan tambahan, dll

Langkah-langkah!
1. Siapkan Kipas Angin dan Copper Tubing
2. Lilitkan Copper tubing di depan kipas angin


This image has been resized. Click this bar to view the full image. The original image is sized 560x422.



Usahakan jangan sampai pipa tertekuk/patah
This image has been resized. Click this bar to view the full image. The original image is sized 560x422.



Kencengin pake Kabel Ties

3. Sambungkan Pipa tembaga sama pipa plastik
This image has been resized. Click this bar to view the full image. The original image is sized 560x422.
[/SIZE]


Tinggal sambung aja. Ga perlu repot.
This image has been resized. Click this bar to view the full image. The original image is sized 560x422.


Kalo pas dapet pipa yg ukurannya beda, bisa dikencengin pake klem. Biar ga bocor

4. Siapin pompa akuarium. cek mana inlet mana outlet. Terserah agan mo pake yg sebelah mana.
This image has been resized. Click this bar to view the full image. The original image is sized 560x422.


Biarkan ujung yang lain bebas. Untuk masuk/keluar air.

Saatnya buat uji coba hasil karya kamu....

Isikan air dingin di Tandon air/Termos Es. Kalo perlu tambahkan ES balok biar dingin!
This image has been resized. Click this bar to view the full image. The original image is sized 560x422.



AC sederhana kamu siap digunakan! Selamat mencoba.
This image has been resized. Click this bar to view the full image. The original image is sized 560x422.


Prinsip kerja sederhan
Air dingin yang dipompakan ke pipa tembaga menyebabkan pipa tersebut menurun suhunya. Sesuai prisip kondensasi.
Suhu dingin di sekitar pipa dihembuskan oleh angin dari kipas.
Secara teknis suhu angin keluar dari kipas lebih dingin dari pada suhu ruang.
Maka, dingin deh ruangannya... Its simple!
Cocok buat kamar yang tertutup (seperti AC sehingga dingin ruangan tetap terjaga dan optimal)

1 Response to "Cara Membuat AC Sendiri Dirumah"

.
gravatar
momod Says....

Bahaya lah itu bro,
udara yang disirkulasi disitu2 doang, udara basah, lembab, bahaya deh buat paru2. beda dengan AC asli, udara dingin dan kering.

yang jual bentuk jadi sekarang juga sudah banyak, tinggal ngisi air dingin, tapi ya gitu tetap tidak direkomendasikan

Leave A Reply